Tips melakukan pengiriman kargo – Anda seorang pengusaha yang sering berkutat dengan pengiriman barang dalam jumlah besar? Sudah pasti akan butuh jasa cargo untuk memperlancar aktivitas tersebut. Anda harus tahu jika ada tips melakukan pengiriman kargo yang bisa diikuti. Adanya pandemi covid yang hingga sekarang masih terus berlanjut, membuat aktivitas belanja online makin meningkat.

Hal tersebut membuat jasa kargo pun terus kebanjiran order. Jika Anda salah satu pelanggan jasa kargo, langkah persiapan pengiriman itu menjadi hal penting.  Persiapan yang asal-asalan bisa membuat pelanggan kecewa. Apa saja tips saat melakukan pengiriman barang dengan menggunakan kargo? Cek di sini untuk penjelasan selengkapnya.

Kemas Barang Sesuai Jenis

Tips melakukan pengiriman kargo yang pertama adalah tentang packaging atau pengemasan. Langkah ini sangat berpengaruh terutama pada ketahanan barang yang akan dikirimkan lewat kargo. Maka, penting bagi Anda untuk paham tentang kemasan yang sesuai dengan jenis barang. Sebab ada barang yang kuat benturan atau justru riskan dengan goncangan.

Soal kemasan sendiri, jenisnya cukup banyak. Ada yang dari kertas, kardus, kotak kayu, hingga yang paling populer adalah bubble wrap. Sebisa mungkin Anda kemas sendiri barang yang akan dikirim dengan kargo. Sebab dengan begitu, otomatis bisa menekan sedikit tarif pengiriman.

Pastikan Packaging Rapi

Jika sudah melakukan pengemasan, pastikan sudah benar-benar rapi. Tujuan dilakukan hal ini adalah memastikan barang aman selama dalam perjalanan hingga sampai tangan penerima. Mengingat nanti, barang yang akan dikirim akan berpindah-pindah tangan.

Ukur Dan Timbang Barang Yang Akan Dikirim

Setelah memastikan kemasan sudah rapi, tips melakukan pengiriman kargo berikutnya adalah ukur dan timbang barangnya. Hal ini yang banyak dibaikan oleh calon pengirim barang melalui cargo. Sebagian besar setelah dikemas, justru langsung dibawa ke jasa cargo. Padahal cara seperti ini keliru, apalagi jika barang yang akan dikirim bermuatan besar.

Jadi ada baiknya setelah dikemas, barang ditimbang dulu. Mengapa hal ini harus dilakukan? Sebab dengan langkah ini, Anda bisa sekaligus menyesuaikan pesanan konsumen. Tarif pengiriman pun bisa diperkirakan. Mungkin Anda juga bisa mengestimasi berapa biaya yang harus dibayarkan pada jasa kargo.

Berikan Label Pada Kemasan Barang

Apakah barang yang may Anda kirim termasuk barang pecah belah? Rata-rata jasa kargo sekarang punya aturan terkait pengelompokkan barang yang rentang rusak, mudah meledak, sampai gampang bocor. Jika ada salah satu tipe barang tersebut yang ingin Anda kirim, pastikan untuk memberikannya label khusus.

Selain itu sudah ketentuan, memberikan label seperti ini juga punya tujuan lain. Salah satunya adalah melancarkan proses pengiriman barang terutama ke luar negeri. Nantinya, barang-barang riskan seperti itu akan ditempatkan secara terpisah untuk meminimalkan resiko.

Isi Detail Penerima Dengan Benar

Tidak hanya mencantumkan label saja. Anda pun harus menuliskan detail barang dengan benar. Mengingat proses pengiriman kargo ini pasti melalui proses yang panjang. Tidak jarang harus pindah-pindah dari mulai agen pengiriman, lalu ke petugas pengambilan barang, gudang, dimuat kargo sampai penerima.

Sehingga detail penerima bisa jadi sangat penting. Nanti, jika seadainya barang terselip, maka tidak terlalu sulit untuk dicari. Detail penerima ini meliputi nama barang, nama penerima, nomor HP, dan alamat lengkap. Jangan hanya menulis nama kecamatan atau kelurahan saja. Pastikan juga menulis alamat RT dan RW. Sehingga lebih mudah mencari alamat penerima.

Pilih Jasa Cargo Yang Berpengalaman

Tips melakukan pengiriman kargo ini bisa dibilang sangat penting. Pilih jasa kargo yang memang sudah berpengalaman. Pasalnya, ini akan berpengaruh terhadap keselamatan barang hingga sampai penerima. Jasa kargo yang Anda pilih setidaknya bukan hanya berpengalaman saja.

Namun juga mampu memberikan pelayanan terbaik. Seperti professional, ramah, dan sangat komunikatif. Bila jasa kargo tersebut sudah tampak tidak ramah, Anda harus mulai waspada. Kalau melayani saja tidak baik, bagaimana nasib barang kiriman Anda? Oleh sebab itu, pastikan pilih jasa kargo hanya yang terpercaya saja.

Lihat Penilaian Konsumen Sebelumnya Terhadap Jasa Cargo Yang Ingin Dipilih

Cukup banyak orang yang ternyata salah pilih jasa kargo. Jika Anda tidak mau mengalaminya, maka hati-hati saat menentukan jasa kargo. Caranya dengan melihat situs mereka pada bagian komentar. Jika rata-rata komentar positif yang didapat, artinya jasa kargo tersebut layak dipertimbangkan.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mencoba tanya-tanya dulu ke orang lain. Mungkin yang sudah pernah mencoba jasa kargo tersebut. Intinya, gali informasi sebanyak mungkin, daripada akhirnya nanti salah pilih bukan?

Pertimbangkan Ongkos Kirim Dan Estimasi Waktu Pengiriman

Jarak jauh serta waktu pengiriman yang lama, tidak akan bisa dihindari. Terutama jika Anda ingin mengirim barang antar pulau atau ke luar negeri. Dengan begitu otomatis tarif kirim sudah pasti tidak murah. Sehingga, Anda perlu mencari jasa kargo yang memberikan tarif cukup murah untuk menekan biaya.

Hanya saja, sebetulnya Anda pun tidak boleh hanya berfokus pada harga murah saja. Perhatikan juga estimasi waktunya. Jangan lantas pilih jasa kargo murah, namun justru sampai sangat lama. Bahkan, tidak benar-benar menjamin keselamatan barang kiriman tersebut.

Pastikan Ada Jaminan Atau Garansi Barang

Pertimbangkan juga untuk memilih jasa kargo yang menyediakan garansi. Layanan garansi ini begitu penting, dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab dengan adanya layanan tersebut, barang kiriman Anda akan diberikan perlindungan ekstra oleh jasa kargo.

Kini beberapa jasa kargo sudah menyediakan jaminan asuransi yang bisa Anda klaim jika sewaktu-waktu ada kejadian tidak terduga. Misalnya barang kiriman rusak, atau bahkan hilang dalam perjalanan.

Simpan Nomor Resi Sebagai Bukti Pengiriman Barang

Jika sudah pilih jasa kargo yang tepat dan melakukan pengiriman, jangan lupa selalu simpan bukti transaksi. Biasanya bukti tersebut tersedia dalam bentuk nomor resi. Nomor resi bisa Anda jadikan bukti pengiriman yang sah. Resi akan diberikan setelah proses pembayaran selesai Anda lakukan.

Pihak jasa kargo akan memberikan resi dalam bentuk selembar kertas. Jika Anda takut hilang, foto saja bukti resi tersebut sehingga otomatis tersimpan pada memori smartphone. Manfaat nomor resi ini adalah untuk mendeteksi lokasi barang terakhir jika sewaktu-waktu terjadi keterlambatan pengiriman.

Gunakan Fitur Tracking Untuk Melacak Barang

Tips melakukan pengiriman kargo terakhir adalah gunakan selalu fitur tracking yang biasanya disediakan oleh jasa kargo terpercaya. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa melacak posisi barang yang dikirimkan.

Fitur tracking ini sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang ingin kirim barang jarak jauh seperti luar pulau bahkan ke luar negeri. Selain itu, resi juga bermanfaat untuk memastikan barang sampai tujuan sesuai dengan waktu estimasi. Bahkan, resi pun dapat digunakan oleh penerima untuk melacak keberadaan barang pesanannya.

Itu dia tadi tips melakukan pengiriman kargo paling lengkap. Dari sekian tips tersebut, memilih jasa kargo terbaik adalah paling penting. Jika Anda mencari jasa kargo terpercaya, Emporium Cargo adalah solusinya. Silahkan coba sendiri untuk membuktikan keandalannya.