Ketika ingin melakukan pengiriman barang melalui cargo, Anda pasti akan memeriksa besaran tarif ongkir yang akan dikenakan terlebih dahulu. Umumnya, setiap tarif ongkir yang ada pada cargo memiliki besaran variatif tergantung jenis layanan yang akan Anda ambil. Tak hanya itu, ada beberapa faktor penentu besaran tarif ongkir cargo yang harus Anda ketahui.

Hal ini memang harus Anda pahami, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis online. Dimana setiap barang yang dipesan akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi, termasuk cargo untuk pengiriman ke luar negeri.

5+ Faktor Penentu Besaran Tarif Ongkir Cargo yang Harus Anda Tahu

Menurut Shipper Indonesia, setidaknya ada 5 lebih faktor penentu besaran tarif ongkir cargo yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Dimensional (DIM) Weight atau Berat Dimensi

Faktor berat dimensi ini mengacu terhadap kepadatan paket yang akan Anda kirimkan. Dengan kata lain, hal ini berkaitan dengan jumlah ruang yang digunakan oleh paket serta berkaitan dengan berat paket sesungguhnya.

Jika berat DIM paket Anda lebih dari berat sesungguhnya, maka tarif ongkir cargo yang harus Anda bayar pun bisa lebih tinggi dari biaya pengiriman. Hal ini jika Anda hanya mengacu pada beratnya saja.

2. Waktu Pengiriman

Umumnya, pihak ekspedisi seperti cargo akan menawarkan beragam pilihan layanan pengiriman berdasarkan waktu atau durasi pengiriman. Hal ini berkaitan dengan layanan yang tersedia, seperti pengiriman melalui jalur udara, laut, maupun darat.

Biasanya, pengiriman melalui jalur udara hanya akan membutuhkan waktu cukup singkat saja. Namun, tentu saja Anda harus mengeluarkan ongkir yang lebih besar ketimbang pengiriman melalui jalur darat maupun laut. Sehingga, Anda dapat memutuskan sendiri jenis layanan jalur apa yang akan dipilih untuk mengirimkan paket Anda.

3. Jarak Pengiriman

Faktor penentu besaran tarif ongkir cargo berikutnya adalah tergantung jarak pengiriman paket itu sendiri. Biasanya, ketika Anda akan mengecek besaran ongkir, maka salah satu informasi yang harus Anda masukkan adalah informasi mengenai kota tujuan.

Jika jarak kota pengiriman Anda semakin jauh, maka tarif ongkir yang dibebankan pun akan lebih tinggi. Namun, tenang saja, meskipun tarif ongkirnya lebih tinggi, tetapi uang yang mesti Anda bayarkan masih terjangkau dan hemat pengeluaran.

4. Ukuran serta Berat Barang

Setiap cargo sudah pasti memiliki ketentuan tersendiri terkait batasan ukuran serta berat barang yang akan dikirimkan. Sehingga, ketika Anda akana mengirimkan barang dengan berat melebihi batasan, maka Anda akan dikenakan biaya ekstra nantinya.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa mengirimkan barang atau paket berapapun Anda inginkan. Bahkan, Anda masih dapat mengirimkan satu paket atau lebih dengan memilih jalur pengiriman sesuai keinginan.

5. Pajak

Ketika Anda akan mengirimkan paket ke luar negeri, maka ada biaya lain yang perlu Anda bayarkan selain tarif ongkir cargo, yaitu pajak bea cukai. Untuk pajak ini akan dibayarkan secara terpisah. Sehingga, Anda tidak akan membayarkannya langsung bersama dengan tarif ongkir cargo.

Jika Anda baru pertama kali akan mengirimkan paket ke luar negeri, maka pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bea cukai. Anda bisa menginformasikan negara tujuan mana yang akan Anda kirimkan paket, sehingga dapat mengetahui besaran ongkir yang harus Anda bayarkan nantinya.

6. Biaya Lain Lain

Biaya lain-lain bisa jadi akan muncul saat Anda ingin mengirimkan paket ke luar negeri dengan mengggunakan cargo. Salah satunya terkait biaya barang yang melebihi batas maksimal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini memang sering terjadi dan biaya yang Anda berikan pun tetap terjangkau alias tidak terlalu mahal.

Strategi untuk Menentukan Tarif Ongkir Cargo

Jika Anda seorang pebisnis online yang selalu mengirimkan produk ke luar negeri dengan jumlah banyak ke berbagai negara, maka pastikan untuk bisa menentukan tarif ongkir cargo yang digunakan. Hal ini dilakukan agar menguntungkan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Menurut Jurnal Entrepreneur, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menentukan besaran tarif ongkir pada cargo, yaitu:

1. Melakukan Perbandingan dengan Pesaing Bisnis

Ketika memulai sebuah bisnis, pastikan Anda selalu melakukan survei terhadap para pesaing bisnis. Hal ini dilakukan untuk menentukan tarif ongkir yang tidak berbeda jauh dari mereka. Sebab, ketika biaya ongkir yang Anda berikan terlalu tinggi, maka pelanggan pun akan memilih pesaing bisnis Anda yang memberikan tarif ongkir jauh lebih rendah.

Sehingga, sebelum Anda mulai menentukan biaya pengiriman cargo, pastikan untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu. Hal ini untuk menarik perhatian pelanggan agar menjadi loyal kepada bisnis yang Anda kelola. Sebab, ketika harga produk yang Anda jual lebih murah, namun jika ongkirnya mahal, maka pelanggan pun akan berpikir dua kali lagi.

2. Melakukan Pemetaan Lokasi Pelanggan

Strategi menentukan tarif ongkir cargo berikutnya adalah Anda dapat melakukan pemetaan lokasi para pelanggan. Anda dapat membuat persentase terkait berapa banyak pelanggan domestik dan pelanggan internasional. Sehingga, Anda dapat lebih teliti untuk menentukan jalur cargo mana yang akan digunakan nantinya.

Jika pelanggan tidak masalah terkait ongkir tinggi asalkan barang dapat sampai dengan cepat, maka Anda bisa memberikan layanan pengiriman barang melalui jalur udara (Air Freight).

Namun, jika pelanggan ingin mendapatkan ongkir terjangkau atau lebih rendah, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jalur laut (Sea Freight) dalam mengirimkan barang. Meskipun begitu, pengiriman menggunakan jalur laut akan lebih lama daripada jalur udara.

3. Mempertimbangkan Untuk Memberi Biaya Ongkir Gratis

Sesekali, Anda dapat memberikan biaya gratis ongkir untuk menarik banyak pelanggan terhadap bisnis yang Anda kelola. Semakin banyak gratis ongkir yang Anda berikan, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk di tempat Anda.

Namun, jika bisnis yang Anda kelola masih baru, maka tidak perlu sering memberikan promo gratis ongkos kirim tersebut. Sebab, hal itu hanya akan mengikis keuntungan yang Anda miliki. Berikan sesekali saja untuk menarik pelanggan agar percaya kepada bisnis yang Anda kelola. Jika bisnis Anda sudah mulai berkembang menjadi besar, barulah bisa memberikan promo gratis ongkir secara teratur.

Mau Dapat Biaya Ongkir Cargo Terjangkau? Yuk, Kirimkan Barang Melalui Emporium Cargo

Ada banyak sekali layanan cargo yang bisa Anda pilih untuk mengirimkan barang dengan jumlah banyak, barang berat, atau pengiriman ke luar negeri. Namun, terkadang Anda juga memikirkan, apakah ada cargo yang mampu memberikan biaya  ongkos kirim terjangkau dan murah?

Tentu saja ada. Anda dapat menemukan biaya ongkir terjangkau dan murah hanya di Emporium Cargo saja. Apapun jalur pengiriman yang Anda pilih, seperti jalur udara maupun laut dengan jumlah barang banyak, Anda tetap mendapatkan biaya ongkir terjangkau.

Tak hanya itu, kecepatan pengirimannya pun patut diacungkan jempol. Sebab, Emporium Cargo selalu memperhatikan layanan dengan baik untuk kenyamanan para pelanggan.

Itulah beberapa informasi terkait faktor penentu besaran tarif ongkir cargo yang harus Anda ketahui. Pastikan untuk memilih layanan pengiriman melalui jalur udara serta  laut dari Emporium Cargo agar paket yang Anda kirimkan dapat sampai dengan aman dan tepat waktu.